Workshop Situsmesin kembali mendapat kunjungan dari masyarakat, tepatnya pada tanggal 3 September 2013 yang lalu. Kunjungan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Muria Kudus. Mahasiswa yang berkunjung cukup banyak, yakni berjumlah 59 orang dengan didampingi oleh beberapa dosen. Menurut Bapak Mujianto selaku Dosen pendamping, kunjungan ini adalah program wajib bagi mahasiswa Universitas Muria Kudus yang bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang proses produksi dan jenis-jenis mesin yang ada di lapangan, salah satunya mesin yang diproduksi oleh workshop Situsmesin.
Kedatangan para mahasiswa ini disambut hangat oleh kru dari situsmesin. Acara kunjungan ini diawali dengan perkenalan dan penjelasan rangkaian acara selama kunjungan. Selanjutnya mahasiswa diajak berkeliling tempat workshop untuk mengenalkan proses produksi dan tahapan pembuatan mesin. Setiap mahasiswa mendapatkan tugas untuk mendokumentasikannya, baik dalam bentuk tulisan maupun foto sebagai bahan laporan kegiatan kunjungan.

Setelah puas berkeliling dan belajar di tempat workshop, mahasiswa diajak untuk mengikuti praktek membuat keripik buah melon menggunakan mesin Vacuum Frying. Di sini mahasiswa dijelaskan secara detail tentang bagian-bagian mesin, prinsip kerja mesin, dan cara pengoperasian mesin Vacuum Frying. Para mahasiswa sangat antusias dengan mengajukan berbagai pertanyaan mengenai mesin Vacuum Frying, karena mereka baru mengenal mesin Vacuum Frying. Proses penggorengan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam, kemudian dilanjutkan proses penirisan menggunakan mesin Spinner.

Agenda kunjungan ini diakhiri dengan penyampaian ucapan terima kasih dan penyerahan cindera mata dan oleh-oleh khas Kudus yang diterima oleh Bpk. Sutantyo Adi selaku wakil dari pihak Situsmesin. Selanjutnya semua tamu berpamitan untuk kembali melanjutkan perjalanan. Salam sukses untuk Universitas Muria Kudus.